Sunday, October 20, 2013

Side G Custom : Maximize your SD Hi-Nu Gundam !


BASA-BASI
Hi-Nu Gundam adalah MS alternatif terakhir yang digunakan Amuro Ray untuk melawan Nightingale yg dipiloti oleh Char Aznable dalam cerita Novel Beltorchika's Children. Sedikit flashback, sebelum Strike Freedom ada, Hi-Nu Gundam dalam dunia Gundam sangat populer dan desainnya banyak disukai oleh penggemar Gundam karena dipiloti tokoh utama dan legendaris Amuro Ray dan saat itu desain Hi-Nu terbilang unik karena peletakan Fin Funnel di backpacknya menyerupai sayap yang mungkin disini menjadi salah satu inspirasi awal Strike Freedom. Sebelumnya kita tau, jauh sebelum SD Hi-Nu Gundam buatan bandai dirilis, ada versi MC Modelnya yg menurut gua gak kalah kerennya dibanding MC namun memang kalau ngomong soal fitur-fiturnya MC Model menurut gua masih lebih unggul dibanding versi Bandai-nya.

CUSTOM IDEA
Begitu gua lihat hasil jadinya di depan mata gua langsung, gua bisa liat ini banyak sekali potensi untuk di custom, khsususnya dengan bermain efek. jadi kali ini gua akan bikin seenggaknya bisa sedikit menandingi MC Modelnya yg terlihat glorious kalau bicara soal fiturnya. Yang pertama adalah funnelnya, funnel yg diberikan Bandai yg bisa dilepas per satuan cuma sepasang saja, dan yg lainnya "tertempel" oleh plastik tipis. Disini ada cara khusus untuk ngelepas funnelnya sendiri.

 Funnel SD Hi Nu sebelum dicustom


potong part yang menyatukan kedua funnel tadi menggunakan nipper atau minisaw

Sesudah dipotong pasti ada bekas potongannya, silahkan diamplas menggunakan amplas yg biasanya kalian pakai supaya alus dan terlihat lebih rapi.

Sesudah diamplas, sekarang funnelnya bisa dilepas satu persatu :)

Gak sampai sebatas melepas funnel hingga bisa dilepas satu persatu aja, Funnelnya masih bisa "dimainkan" lagi, dengan cara memberi efek terbang/baru meluncur. Ide ini muncul ketika gua lihat efek funnel yg diberi bandai pada SD Hi-Nu ini cuma buat sepasang funnel dan gua kurang suka kalau bahan effect part yg dipakai bukan transparan dan warnanya monotone banget, jadi ini cara sederharna yg gua pakai untuk bikin effect part funnel untuk Hi-Nu


 Lu akan butuh benda ini, ini adalah Tamiya Plastic Beams ukuran 3mm, jenis CLEAR SOFT. Gua sengaja capslock karena ada 2 jenis dengan bentuk dan ukuran yg sama, jenis pertama bentuknya lebih cenderung solid, contoh penggunaan ada di entry blog gua sebelumnya. Nah untuk jenis ini lebih cenderung fleksibel dan ini bisa ditekuk-tekuk. Kasarnya ini sama persis kayak effect part yg dikasih Bandai pada HG Farsia, MG Hi Nu, dan MG Strike Freedom Full Burst. Lu bisa dapetin ini di toko-toko hobi yang menjual produk tamiya :)


Cukup pasang ke masing-masing lubang di fin funnel, memang sedikit rada longgar. Ini bisa diatasi dengan tac glue atau blue tac, selipin kedalam lubang di fin funnelnya dilanjutkan dengan menempelkan plastic beam tadi :). Karena plastic beams ini sifatnya bisa ditekuk-tekuk, silahkan tekuk sesuai kreasi kalian masing-masing. Sesudah itu tempelkan plastic beam yang sudah dipasangi fin funnel ke backpack tempat fin funnel itu diletakkan



 Tahap selanjutnya adalah dengan melubangi display stand yang disertakan didalam kemasan SD Hi-Nu dengan menggunakan mini drill, gunakan drill berukuran 3mm untuk melubangi supaya cocok saat proses pemasangannya cocok dengan plastic beams yg sudah dipasangi funnel



Kalau sudah jadi, kira-kira jadinya akan seperti ini. Dan ini belum semuanya, masih bisa diberi beam effect part supaya terlihat lebih bombastis !


Yang dibutuhkan adalah MS Effect Part untuk skala 1:100, MS Effect Part sendiri bisa didapetin di toko hobi yang menjual spare part untuk Gundam, karena kebetulan gua punya-nya yang ini jadi pake aja lah yaa daripada mubazir gak kepake :3


selanjutnya melubangi bagian lingkaran di fin funnel seperti yg ada di gambar menggunakan drill 2.2mm. Setelah dilubangi, tempel effect part yg bentuknya menyerupai semburan api ke lubang yg dibuat tadi.


Kalau sudah jadi kira-kira seperti ini, ulangi cara yg sama ke funnel yg satunya :)


Potong part beam saber SD Hi-Nu seperti gambar diatas menggunakan nipper kemudian diamplas untuk mendapatkan hasil yg rapi, untuk bagian bawahnya tergantung selera mau dipotong juga atau enggak.

Setelah itu lubangi bagian yg dipotong tadi menggunakan mini drill ukuran 2.2 mm, kemudian pasangkan effect part beam saber dari MS Effect part ke lubang tadi, kalau rada longgar bisa dibantu dengan blue tac :)


Kalau sudah dipasang, kira-kira hasilnya akan seperti ini 


Dan yang terakhir adalah effect part beam shotnya, gunakan yang bentuknya seperti ini pada MS Effect Part (lupa yg ini sebenernya buat apa aslinya -_-) kemudian lubang pada effect part itu diperbesar menggunakan mini drill lagi ukuran 3mm, setelah itu pasang ke ujung beam riffle-nya, dan kira-kira kalau sudah selesai seperti gambar diatas.

DONE ! jadi kira-kira ini adalah cara gua memaksimalkan SD Hi Nu Gundamnya, sebenernya masih ada 1 cara lagi mainin beamnya, cuma akan gua simpen untuk entry gua berikutnya :)

PREVIEW






Note: Mungkin akan lebih bagus kalau plastic beamnya diwarnai biru transparan supaya terlihat ada variasinya :)


3 comments:

Unknown said...

boleh tolong info hobby shop yang jual plastic beam soft and clear? udah sempet nyari2 tapi belon ketemu nih..

Ludov06 said...

Coba ke STC (Senayan Trade Center) disana banyak toko hobi yang menyupply produk2 tamiya :) atau kalau rumahnya deket2 BSD bisa coba ke toko yang jual khusus Tamiya semua, di jalan Kompleks Ruko diamond blok dmd 3 no 52-53 gading serpong.

Unknown said...

wahh kebetulan banget, rumah emang di BSD. Thanks banget buat info nya. Meluncuuurr