Tuesday, October 16, 2012

Side G Custom : Create your own Beam Wing Effect !


BASA-BASI
Setiap Gundam yang memiliki fitur khusus seperti Beam Wing dan semacamnya jelas sangat diinginkan penggemarnya untuk dijadikan model kitnya apalagi jika disertakan dengan efek dari Beam Wing itu sendiri, namun dari sekian banyak model kit Gundam yang di serial tv-nya memiliki fitur semacam beam wing cukup sedikit yang disertakan dengan effect partsnya itu, kalaupun iya biasanya fiturnya disediakan pada action figurenya yang kadang biasanya dirilis dalam limited edition untuk effect partsnya aja seperti contoh Beam Wing Effect untuk Robot Damashii Strike Freedom, Turn X, dan Turn A Gundam yang dimana peminat action figure Gundam tidak sebanyak peminat model kitnya, jadi kalaupun ada yang mau belipun yang memiliki fitur beam wingnya kalau emang bener-bener pengen banget...atau tajir melintir.


CUSTOM IDEA
Membuat Effect Parts seperti beam wing pada dasarnya membutuhkan bahan yang setidaknya lebih ringan dari bahan yang nantinya akan menopang effect parts tersebut dengan maksud supaya yang menopang effect parts buatan kita tidak lemah artikulasinya, ambil saja contohnya MG Destiny Gundam Extreme Blast Mode yang disertakan effect parts beam wing, bahannya ringan dan tipis sehingga tidak membuat parts sayap utamanya "loyo", untuk ide custom gua kali ini bahan yang dipakai untuk membuat effect parts beam wing adalah semacam lembaran plastik yang bagian depannya dove, lu bisa dapetin ini ditempat-tempat digital printing. Biasanya orang yang kerja di Digital Printing nyebut bahan ini namanya Kertas Mika Dove, tenang... bahannya gak setipis kertas mika yang biasanya kalian bayangkan, lembaran ini memiliki ketebalan seenggaknya lebih dari 5 kali lipatnya dari mika normal, harganya pun relatif sangat terjangkau. Yang akan gua praktekan sekarang adalah membuat beam wing dari MG Strike Freedom Gundam, memang benar kalau sekarang sudah ada yang menjual beam wing dari MG Strike Freedom Gundam ini walaupun bukan resmi buatan Bandai, namun sejujurnya gua kurang suka dengan beam wingnya sendiri karena tidak seimbang bagian atas dan bawahnya, ditambah warna dari effect partsnya juga kurang menarik, effect parts ini gua buat jauh sebelum effect parts dari MG Strike Freedom dirilis oleh third party company yang membuatnya dengan bantuan temen gua Ari saat membuat sayap ini. Berikut tahap-tahap untuk membuatnya, selamat mencoba :)


Bahan yang dibutuhkan : 
Lembar Mika Dove
Marker yang bisa dihapus
Penghapus Boxy
Gunting
Blue-Tac
Cat Clear Color

Step 1 : Cari contoh gambar sayapnya dengan maksud supaya nanti pas proses ngegambar sayapnya lebih mudah dengan nyontoh dari yang ada di gambar.


Step 2 : Setelah dapet contohnya, tempeli blue tac pada sayap Strike Freedom dengan maksud untuk mencetak pattern slot yang nantinya mempermudah memasukkan bahan buatan kita ke parts sayap-nya


Step 3 : Setelah mencetak pattern slot pada sayapnya mulailah lu untuk menggambar lekukan-lekukan sayapnya sendiri menggunakan marker yang bisa dihapus dengan penghapus boxy, disini adalah tahap yang lumayan rumit karena semuanya bergantung pada lu :).


Step 4 : Setelah selesai digambar dan sudah mantap, lu akan memasuki tahap yang sudah terhitung mudah, potong hasil gambar lu tadi dengan hati-hati menggunakan gunting, kalau bisa guntingnya yang tajam supaya lebih mudah memotongnya.


Step 5 : Setelah dipotong, tempeli potongan tadi dengan blue tac di beberapa sisi kemudian ulang tahap 4 lagi hingga akhirnya mendapat 4 potongan.


 Step 6 : Setelah mendapat semuanya, coba dipasang pada parts sayap Strike Freedom, apabila sudah muat dengan parts sayapnya, hapus bekas coretan dari cetakan yang kemungkinan bersisa di potongan effect parts yang sedang lu bikin dengan penghapus boxy atau minyak kayu putih jika penghapus tidak mempan :D.


Step 7 : Test Fitting sekali lagi untuk memastikan apa sudah tertempel erat atau tidak


Step 8 : Setelah semuanya sudah yakin kalau effect sayapnya bisa dipasang ke parts sayapnya kini tinggal memasuki tahap pewarnaan sayapnya, dianjurkan menggunakan warna clear agar terlihat lebih akurat dengan serial tv-nya, pada tahap ini berkreasilah sebaik mungkin, supaya hasilnya memuaskan saat dipasang ke parts sayapnya lagi :)


Final Step : Setelah parts sayap yang lu bikin sudah selesai dicat dan sudah kering, pasang kembali ke parts sayap Strike Freedom dan voila ! Selamat lu sudah membuat effect parts buatanmu sendiri ! Kalau ingin memperbanyak cetakan, cukup ulang step 4 lagi :)


EXTRA NOTE
Seperti yang gua bilang sebelumnya, ini gak sebatas sayap Strike Freedom aja yang bisa lu bikin sayapnya, kalau lu mungkin kurang puas dengan effect parts beam wing yang diberikan oleh Bandai entah itu karena ukurannya atau warnanya, lu bisa membuat sendiri ! Contoh lain yang sudah gua bikin menggunakan bahan yang sama adalah sayap "GN Feather" O Gundam yang gua perbesar ini,



FUTURE PLAN
Dengan menggunakan bahan yang sama, rencana kedepan gua mungkin membuat sayap Moonlight Butterfly yang gua bicarakan di bbrapa postingan yang lalu, pattern sayap sudah digambar di Illustrator, namun tehniknya masih dipikirkan :), tapi untuk menutupi proses mikirnya, sementara gua main di photo manipulation duluuu :D




No comments: