Saturday, September 8, 2012

Gangguan tidur gua = tahap transisi suatu fenomena.

Sudah lama gua ga update blog ini, dan kali ini gua akan cerita tentang gangguan tidur yang lumayan berkali-kali gua alami semenjak awal tahun ini hingga sekarang. Kira-kira semenjak pertengahan semester 6 kemaren sekitar bulan maret-april lah ya, gua selalu mengalami kejadian yang biasa orang-orang bilang "ketindihan" gejalanya sama pada dasarnya, di pertengahan gua tidur dalam keadaan setengah sadar gua ga bisa geraki seluruh bagian tubuh gua, dan napas pun sesak banget. Setelah gua tanya-tanya penyebabnya rupanya masuk akal sebenernya dikarenakan mungkin semester 6 kmaren memang semester kuliah formal trakir yang menurut gua tugas-tugasnya banyak dan gadang seringkali gua jalani dengan maksud supaya tugas kelar. Memang perlu gua akui semenjak semester 6 selesai gua ga mengalami ketindihan itu lagi, mengalami sih cuma frekuensi sering enggaknya gua ketindihan gak sebanyak saat gua di semester 6 dulu, Dan kemudian akhir-akhir ini ketindihan ini pun mulai kembali lagi terjadi dengan frekuensi sering enggaknya lumayan seperti semester 6, padahal aktivitas yang gua lakukan sekarang-sekarang adalah program internship yang dimana itu gak seberat semester 6, karena tugas kantor pun dikerjakan dikantor (duhh !?). Semua kegiatan kerja gua stop pukul 7 seenggaknya. Namun yang membedakan ketindihan gua skarang adalah munculnya suara bising yang mirip banget skenarionya dengan posisi hairdryer tepat ada digendang telinga lu dalam keadaan nyala tentunya, pernah diawal-awal gua ngalamin ketindihan ini lagi dengan suara bising tiba tiba ditengah gua begitu terdengar suara perempuan anak kecil teriak walau suaranya gak keras teriaknya, kemudian gua pun mulai sadar kalau gua mengalami ini tidak pada malam hari atau seenggaknya saat matahari terbenam. Gua mengalami ini setiap pagi atau siang, paginya pun disaat gua mau balik tidur lagi. Dan kadang gua ngalami ini dalam keadaan sadar, pernah suatu hari tengah gua tidur tapi belum terlelap amat, kuping gua tiba-tiba bising dilanjutkan dengan ketindihan ini. tapi kayaknya itu juga gua alami dalam itungan jari aja. Gua pun pas awal-awal gua cerita ini ke temen2x gua ada yang bilang "ah itu normal" sampe ada yang bilang "eh ati-ati gejala stroke tuh" Karena gua pun sangat penasaran dengan apa yang terjadi dengan gua akhir-akhir ini gua pun googling semua keyword yang bisa gua tulis di search box itu, dan hasilnya menurut gua cukup "eeeerr...o....keee" dari semua yang gua baca tentang gejala gua ini, tahap gua ini adalah tahap transisi dari fenomena astral projection/lucid dream. Kalo suruh jujur gua memang pernah denger soal ini sebelumnya dan jujur gua pun cuma bisa ngomong "apaan bangett nyonyaaa". Gua pun akhirnya cerita-cerita ini ke bokap dan lebih mengejutkannya lagi bokap gua pun pernah mengalami hal yang sama, hanya saja dia uda beyond transition phase-nya. Dia cerita ke gua kalo dia bisa liat badannya dia saat tidur dan entah ini masih dalam 1 cerita atau engga, tapi saat itu dia liat sebuah pintu tapi setiap kali dia buka pintu itu dia langsung bangun.

Di artikel yang gua baca soal ini, saat gua ketindihan dan denger suara bising itu mestinya gua harus relaks dengan tujuan supaya bisa ke tahap selanjutnya karena jujur aja setiap gua ngalamin ini yang gua dapet adalah panik dan ga tenang, ya gimana gua engga panik !? napas gua sesek ntar gua mati gmana !? Dan pagi-pagi sebelum gua nulis ini pun gua mengalami kejadian ini lagi, gua pun coba untuk relaks, memang...gua sudah coba untuk relaks, tapi kemudian gua "berontak" karena gua ga tahan dan masih takut akan resiko buruk yang nanti gua alami selanjutnya. Di artikel yang gua baca soal ini juga diceritakan kalo ini adalah sesuatu yang harmless dan bisa dipelajari dengan beragam tahapnya, salah satu tahap yang menurut gua cukup menarik adalah dengan membuat dream journal, gua memang tipe orang yang suka inget - inget mimpi gua, kalau mimpinya bener-bener jelas banget...kadang gua tulis di twitter atau di blog multiply gua kalau memang panjang banget mimpinya. Dan kalau suruh jujur pun mimpi gua yang gua alami pas gua masih di TK pun ada beberapa yang gua inget dari tempat dan waktunya kapan di mimpi itu sampai sekarang. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, kenapa gua sering mengalami ketindihan ini walau ga sering kayak tiap hari dan mengapa waktunya harus di pagi / siang hari ? apakah gua secara ga sengaja mempelajari fenomena ini ?

No comments: