Thursday, October 11, 2012

Side G Unboxing & Review : AG Legilis Gundam


BASA-BASI
Legilis Gundam adalah Gundam pertama buatan Vegan yang basic modelnya berasal dari Gundam AGE-3 yang menggunakan reversed engineering. Tipikal ciri khas MS Vagan yang bentuk MS-nya lebih terlihat organik dan tidak seperti robot, begitu juga dengan Legilis Gundam yang proporsi tubuhnya mirip dengan MS Vagan, diceritakan bahwa Basic model MS yang digunakan untuk menciptakan ini adalah MS Zeydra. MS ini dipiloti oleh Ezelcant namun di episode menuju akhir Legilis diberikan oleh Zeheart Gallette begitu juga dengan kekuasaan Ezelcant dalam memimpin operasi Eden.

 BoxArt

 Left Side

 Right Side

 Inside the Box

 Sealed Runners

 Runners and GAGE-ING chip

UNBOXING
Ukuran box dari AG Legilis berukuran standar seperti line AG pada dasarnya dengan harga yang sama dengan AG pada dasarnya, yaitu masih dibawah 1000 yen, untuk AG Legilis bisa ditebus dengan 800 yen saja. AG juga terkenal dengan Box-Artnya yang terkesan heboh, sehingga menarik mata pembeli untuk ngeliat dan berakhir beli AG-nya :D. BoxArt dari AG Legilis memperlihatkan Legilis dalam posisi menembak dengan background perang di luar angkasa. Seperti pada umumnya, AG memiliki spesialisasi di separasi warna pada runner yang cukup super untuk skala 1:144 dengan pengecualian artikulasinya yang sangat minim sekali, proporsi dari line AG juga cukup baik sehingga masih enak untuk dilihat. Kasarnya separasi warna runner dari line ini adalah miniatur dari HG 1:100 jaman dulu yang dikecilin oleh pihak Bandai, karena hanya sedikit warna yang "miss" dari model kit ini. Dimulai dari Legilis sendiri, AG Legilis terdiri dari 6 runner saja dengan separasi warna sekitar 75% akurat dengan yang diserial tv-nya, kemudian pada box AG Legilis ini disertakan semacam chip yang nantinya kalau lu mainkan di GAGE-ING Builder bisa dimainkan :) dan seinget gua setiap AG dapet kartu TRY-AGE, namun sepertinya pada AG Legilis ini gua tidak menemukan selembar kartu TRY-AGE dari Legilis Gundam ini. Manual untuk pemasangan Legilis Gundam seperti biasa ada di dalam Box AG Legilis, jadi tidak seperti HG yang sudah ada manualnya sendiri berupa buku.

Front

 Side 1

 Back

 Left

 Right

 Head Close Up

Body Close Up

 Size Comparison to HG AGE-1

 Pose (?)
REVIEW
Seperti AG pada umumnya, proses perakitdan dari line produk AG sangat mudah, praktis, dan cepat dikarenakan kita tidak perlu alat pemotong untuk memotong parts yang tertempel pada runnernya, cukup "pleteki" saja dengan tangan dan parts yang kita copot dengan sendirinya akan terlepas. Disamping itu produk ini juga lebih menonjolkan sistem multi color runnernya yang membuat AG ini seakan seperti FG /EG yang penuh warna tanpa melibatkan stiker selembar pun ! dan memang overall separasi warnanya cukup memuaskan karena dari sisi warna-warna partsnya nyaris akurat dengan yang di serial tv-nya...Bagian-bagian yang semestinya harus diwarnai supaya akurat dengan yang ada di serial tv-nya secara keseluruhan disengaja oleh Bandai untuk tidak terekspos dibagian depan dari model kit ini namun terekspos di sisi sebaliknya. AG Legilis dari segi proporsi terbilang slim dan tinggi dibanding Gundam lainnya dari seri AGE dan untuk sebuah AG proporsi Legilis terlihat tinggi, gagah, dan intimidating. AG Legilis disertai dengan 3 macam senjata yaitu beam riffle, shield, dan tail beam cannon namun karena ini adalah line produk AG maka fungsi dari parts senjata tidak sehebat di serial tv-nya, seperti contoh shield Legilis yang seharusnya dibagian tengahnya bisa di slide dan menunjukkan garis hijau, namun pada line produk AG fitur ini tidak disertaka, dan fitur tail beam cannon yang semestinya berartikulasi seperti tail beam cannon dari Gafran juga tidak disertakan. Parts mata dari Legilis juga hanya ada saat mode normal. dari segi artikulasi jelas sekali kalau artikulasi AG hampir sama dengan artikulasi FG/EG pada umumnya, sangat minim. Tidak ada parts pc dalam produk ini oleh karena itu artikulasinya seperti yang gua bilang tadi nyaris tidak ada untuk Legilis ini. Yang paling gua kurang dengan AG Legilis ini adalah bagian dalam dari sayap Legilis yang tidak diberikan parts warna hitam seperti yang ada di serial tv-nya.



CONCLUSION
Design dari Legilis Gundam menurut gua sangat unik karena sebelumnya belum pernah ada MS buatan pihak antagonis dinamai Gundam yang dimana matanya sangat tidak mencirikan Gundam...walau kedepannya pun juga ujung-ujungnya berubah menjadi mata Gundam. Overall gua cukup puas dengan AG Legilis ini untuk sebatas display saja. memang, kalau lu membutuhkan Legilis dengan beragam fiturnya yang akurat dengan serial tv-nya tunggu sampai HG-nya datang :) walau sebenarnya disaat gua tulis ini HG Legilis sudah dirilis di Jepang sana. Untuk lu tipe orang yang mau cepet dan gak terlalu mikirin detail atau artikulasi, AG adalah jawabannya. Karena proses perakitan AG sangat cepet bahkan lu ga butuh alat pemotong untuk melepas parts-parts dari runnernya. Alasan gua beli AG sendiri tak lain karena gua sangat suka dengan designnya, dan nantinya gua akan display satu yang mata sipit dan satunya yang mata Gundam.

No comments: